Abstract:
Dengan persaingan usaha yang ketat di industri kosmetik, dapat menjadikan
konsumen memiliki peluang yang luas untuk mendapatkan produk kosmetik
tersebut sesuai dengan kebutuhan serta keinginannya. Maka dalam hal ini
konsentrasi pemasaran bukan hanya tentang bagaimana produk tersebut dapat
langsung sampai ke tangan konsumen tetapi juga harus fokus ke arah apakah
kepuasan konsumen setelah melakukan pembelian dapat terpenuhi sesuai dengan
yang diharapkan. Salah satunya yaitu pada outlet Wardah Anugerah Cosmetics
Ciamis, selain produknya yang berkualitas baik, faktor dari bauran pemasaran jasa
dapat menjadi faktor penentu kepuasan pelanggan. Tetapi fakta di lapangan
ketidakpuasan konsumen itu masih terjadi dikarenakan keluhan – keluhan
pelanggan mengenai personal selling dan physical evidence. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Besarnya pengaruh
personal selling terhadap kepuasan pelanggan; 2]. Besarnya pengaruh physical
evidence terhadap kepuasan pelanggan; 3]. Besarnya pengaruh personal selling
dan physical evidence terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik survey.
Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Korelasi Product
Moment, Teknik Alpa Cronbach, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis
menggunakan Korelasi Sederhana, Uji Signifikansi (Uji t), Korelasi Berganda, Uji
Signifikansi (uji F), Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Linier
Berganda. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa
personal selling secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan pada outlet Wardah Anugerah Cosmetics Ciamis dengan
besarnya pengaruh 57,90% dan sisanya 42,10% dipengaruhi oleh faktor lain.
Begitu pula dengan physical evidence secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada outlet Wardah Anugerah Cosmetics
Ciamis dengan besarnya pengaruh 66,00% dan sisanya 34,00% dipengaruhi oleh
faktor lain. Sementara untuk personal selling dan physical evidence secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada
outlet Wardah Anugerah Cosmetics Ciamis dengan besarnya pengaruh 70,00%
dan sisanya 30,00% dipengaruhi oleh faktor lain.