Abstract:
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana pengaruh
product quality terhadap customer satisfaction pada Samudra Toserba Banjar?; 2).
Bagaimana pengaruh store atmosphere terhadap customer satisfaction pada
Samudra Toserba Banjar?; 3). Bagaimana pengaruh product quality dan store
atmosphere terhadap customer satisfaction pada Samudra Toserba Banjar?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh product quality terhadap customer satisfaction pada Samudra Toserba
Banjar. 2). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store atmosphere
terhadap customer satisfaction pada Samudra Toserba Banjar. 3). Untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh product quality dan store atmosphere
terhadap customer satisfaction pada Samudra Toserba Banjar. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan
pendekatan kuntitatif dimana hasil penelitian diolah dan dianalisis untuk diambil
kesimpulan. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi
sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi berganda,
koefisien determinasi dan uji F.
Adapun hasil anaslisis regresi liner berganda diketahui Y= 8,353 + 0,220X1 +
0,309X2, yang diartikan bahwa apabila bobot X1 bertambah 1 maka bobot Y akan
mengalami kenaikan sebesar 0,220, begitupula apabila X2 bertambah 1 maka Y
akan mengalami kenaikan sebesar 0,309. Dari hasil analisis koefisien korelasi
berganda dapat diketahui bahwa koefisien korelasi antara variabel product quality
dan store atmosphere terhadap customer satisfaction yaitu sebesar 0,565.
Berdasarkan tabel angka 0,565 berada antara 0,40-0,599 yang artinya sedang.
Saran dari peneliti dalam penelitian ini yaitu: 1) product quality yang diberikan
Samudra Toserba sudah baik, namun alangkah baiknya untuk aspek ciri-ciri atau
keistimewaan lebih ditingkatkan dengan cara melakukan pengecekan barang yang
lebih intensif dan menambah variasi produk sejenis degan harga yang beragam. 2)
store atmosphere yang ditampilkan Samudra Toserba sudah baik, namun alangkah
baiknya untuk aspek fasilitas lebih ditingkatkan dengan cara memperbaiki
pemasangan tanda petunjuk arah agar mudah dibaca dan dilihat pelanggan ketika
mencari produk.3) customer satisfaction yang diberikan Samudra Toserba Bnajar
sudah baik, namun alangkah baiknya, untuk aspek fasilitas penunjang lebih
ditingkatkan dengan cara menambah fasilitas lain sebagai daya tarik pelanggan. 4)
Bagi pihak lain untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini bisa jadi
bahan perbandingan dan referensi. Dan diharapkan menambah variabel yang akan
diteliti karena hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh lain yang
mempengaruhi customer satisfaction