dc.description.abstract |
Kemajuan teknologi, internet dan revolusi digital telah mengubah gaya
hidup masyarakat dalam melakukan jual beli, sehingga Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh SNM dan e-WOM terhadap minat
beli pada mobile marketplace Bukalapak di kecamatan Malausma, kabupaten
Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan analisis regresi sederhana, koefisien korelasi sederhana,
koefisien determinasi sederhana, analisis regresi linier berganda, koefisien
korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, uji hipotesis menggunakan uji
t dan uji f. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif untuk variabel SNM
berada dalam klasifikasi penilaian sangat kurang baik, variabel e-WOM berada
dalam klasifikasi penilaian baik, variabel minat beli berada dalam klasifikasi
penilaian buruk/kurang baik. Berdasarkan hasil membuktikan bahwa SNM dan e-
WOM dapat mempengaruhi minat beli dengan besar pengaruh 54,7% dan sisanya
45,3% dipengaruhi oleh faktor lain. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Annur, Cindy Mutia. (2022). Daftar Negara Paling Sering Belanja Online,
Indonesia Peringkat ke-5: Pesentase Pengguna Internet yang Rutin
Melakukan Belanja Online Setiap Pekan Berdasarkan Negara (2021).
[online]. Tersedia :
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/14/daftar-negara-
paling-sering-belanja-online-indonesia-peringkat-ke-5. [19 Februari 2022]
Assaad, W., & Gomez, J. M. (2011). Social Network in Marketing (Social
Network
Marketing) Opportunities and Risks. International Journal of Managing
Public Sector Information and Communication Technologies (IJMPICT),
2(1) 13
Cong, Y., & Zheng, Y. Q. (2017). A Literature Review of the Influence of
Electronic Word-of-Mouth on Consumer Purchase Intention. Open
Journal of Business and Management. 5, 543 – 549.
Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2012). E-WOM scale:
Word-of-Mouth Measurement Scale For Eservice Context. Canadian
Journal of Administrative Sciences. 27(1). 5–23
Kelly, L., Kerr, G. And Drennan, J.,(2010). Avoidance Of Advertising In Social
Networking Sites: The Teenage Perspective. Journal Of
InteractiveAdvertising. 10 (2) 16-27.
Iprice.(2021). Telusuri Persaingan Toko Online di Inonesia. [online]. Tersedia :
https://www.google.com/amp/s/iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.
[07 Januari 2022]
Nulufi, K., & Murwatiningsih. (2015). Minat Beli sebagai Mediasi Pengaruh
Brand
Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik di
Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Management
Analysis Journal, 4(2), 129–141
Nuseir, M. T. (2019). The Impact of Electronic Word of Mouth (e-WOM) on the
Online Purchase Intention of Consumers in the Islamic Countries – a case
of (UAE). Journal of Islamic Marketing. 10 (3). 759–767.
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media
Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rizal, V. Z., & Lubis, E. E. (2014). Social Media Marketing Twitter dan Brand
Image Restoran Burger. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Sa’ait, N., Kanyan, A., & Nazrin, M. F. (2016). The Effect of E-WOM on
Customer Purchase Intention. International Academic Research Journal of
Social Science, 2(1), 73 – 80.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Susanto, Wenny Kartika (2018). Pengaruh Social Network Marketing (SNM) Dan
Electronic Word Of Mouth (eWOM) Terhadap Minat Beli Pelanggan.
Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan. 2 (6) 68-73
Toor, A., Husnain, M., & Hussain, T. (2017). The Impact of Social Network
Marketing on Consumer Purchase Intention in Pakistan: Consumer
Engagement as a Mediator. Asian Journal of Business and Accounting. 10
(1). |
en_US |