Abstract:
Kemajuan teknologi, internet dan revolusi digital telah mengubah gaya
hidup masyarakat dalam melakukan jual beli, sehingga Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh SNM dan e-WOM terhadap minat
beli pada mobile marketplace Bukalapak di kecamatan Malausma, kabupaten
Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan analisis regresi sederhana, koefisien korelasi sederhana,
koefisien determinasi sederhana, analisis regresi linier berganda, koefisien
korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, uji hipotesis menggunakan uji
t dan uji f. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif untuk variabel SNM
berada dalam klasifikasi penilaian sangat kurang baik, variabel e-WOM berada
dalam klasifikasi penilaian baik, variabel minat beli berada dalam klasifikasi
penilaian buruk/kurang baik. Berdasarkan hasil membuktikan bahwa SNM dan e-
WOM dapat mempengaruhi minat beli dengan besar pengaruh 54,7% dan sisanya
45,3% dipengaruhi oleh faktor lain.