Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada belum optimalnya kepuasan konsumen terhadap
Motor Yamaha di PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis yang diakibatkan oleh belum
optimalnya layanan purna jual dan kualitas produk. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh layanan purna jual terhadap
kepuasan konsumen pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis?; 2) Bagaimana
pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bahana Cahaya
Sejati Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh layanan purna jual dan kualitas produk
terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis?. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan data
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Daya Motor Ciamis
pada bulan Januari–Desember 2020 yaitu sebanyak 1.274 orang, sampel yang
dipilih adalah sebanyak 93 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data
dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan
penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai
berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan purna jual terhadap
kepuasan pelanggan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Artinya apabila
pelaksanaan layanan purna jual sudah baik, maka kepuasan pelanggan akan
meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap
kepuasan pelanggan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Artinya apabila
kualitas produk sudah baik, maka kepuasan pelanggan akan meningkat; 3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan layanan purna jual dan kualitas produk
terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis. Artinya
apabila pelaksanaan layanan purna jual dan kualitas produk sudah baik, maka
kepuasan pelanggan akan meningkat.