Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh discount price dan point of
purchase terhadap impulse buying (suatu studi pada konsumen Eiger Adventure
Store Ciamis). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh
discount price terhadap impulse buying, bagaimana pengaruh point of purchase
terhadap impulse buying, bagaimana pengaruh discount price dan point of
purchase terhadap impulse buying pada konsumen Eiger Adventure Store Ciamis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh discount price terhadap
impulse buying, pengaruh point of purchase terhadap impulse buying, dan
pengaruh discount price dan point of purchase terhadap impulse buying pada
konsumen Eiger Adventure Store Ciamis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu dengan
menggunakan metode Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda,
Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Korelasi Berganda, Analisis Koefisien
Determinasi, Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil
dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa discount price dan point
of purchase berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan
besarnya pengaruh sebesar 45% dan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hasil yang
menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara Discount Price
dan Point Of Purchase terhadap Impulse Buying. Dari hasil perhitungan analisis
koefisien korelasi berganda memiliki tingkat hubungan yang kuat, artinya jika
discount price dan point of purchase pada suatu toko dilakukan dengan optimal
maka impulse buying akan meningkat.