Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh online customer review dan online
customer rating terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Lazada
(suatu studi pada mahasiswa angkatan 2018 s.d. 2021 fakultas ekonomi
universitas galuh ciamis). Permasalahan yang dihadapi penelitian ini meliputi 1].
Bagaimana pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada
platform e-commerce Lazada. 2]. Bagaimana pengaruh online customer rating
terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Lazada.3]. Bagaimana
pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan
pembelian pada platform e-commerce Lazada. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui 1]. Pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian
pada platform e-commerce Lazada. 2]. Pengaruh online customer rating terhadap
keputusan pembelian pada platform e-commerce Lazada. 3]. Pengaruh online
customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada
platform e-commerce Lazada. Metode yang digunakan penelitian ini metode
survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan analisis deskriptif dan asosiatif meliputi analisis Analisis
Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis
Linier Sedehana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan
Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian
dan pengolahan data menunjukan bahwa online customer review dan online
customer rating berpengaruh positif dan simultan (bersama-sama) terhadap
keputusan pembelian pada platform e-commerce Lazada . Dari perhitungan
analisis koefisien korelasi sederhana tingkat hubungannya kuat. Artinya
semakin baik online customer review dan online customer rating, maka semakin
tinggi keputusan pembelian pada platform e-commerce Lazada. Bagi peneliti
selanjutnya dapat ditambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan
pembelian.