Abstract:
Nindya Septiani Nurjanah, NIM. 3402180071. “Pengaruh E-commerce Shopee dan
Social Media Marketing terhadap Minat Beli Konsumen Online Shop (Suatu Studi pada
Produk UMKM Cemilan Hitz Indonesia Ciamis)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr.
Nana Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M.
(Pembimbing II). Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh E-commerce Shopee dan Social
Media Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Online Shop (Suatu Studi Pada Produk
UMKM Cemilan Hitz Indonesia Ciamis). Dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana
pengaruh e-commerce Shopee terhadap minat beli konsumen online shop pada UMKM
Cemilan Hitz Indonesia Ciamis?; 2]. Bagaimana pengaruh social media marketing terhadap
minat beli konsumen online shop pada UMKM Cemilan Hitz Indonesia Ciamis?; 3].
Bagaimana pengaruh e-commerce Shopee dan social media marketing terhadap minat beli
konsumen online shop pada UMKM Cemilan Hitz Indonesia Ciamis?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk 1]. Mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh e-
commerce Shopee terhadap minat beli konsumen online shop UMKM Cemilan Hitz
Indonesia Ciamis; 2]. Mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh social media
marketing terhadap minat beli konsumen online shop UMKM Cemilan Hitz Indonesia
Ciamis; 3]. Mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh e-commerce Shopee dan
social media marketing terhadap minat beli konsumen online shop UMKM Cemilan Hitz
Indonesia Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan analisis data yang di gunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa pengaruh e-commerce Shopee dan social media marketing terhadap minat beli
konsumen online shop pada UMKM Cemilan Hitz Indonesia Ciamis adalah sebesar 40,5%
sementara 59,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil Perhitungan
koefisien kolerasi sebesar 0,636 termasuk kategori hubungan yang kuat. Pengujian hipotesis
secara simultan diperoleh hasil F hitung sebesar 33,054 lebih besar dari F tabel sebesar 3,09 maka
hipotesis yang peneliti ajukan yaitu 1]. Terdapat pengaruh e-commerce Shopee terhadap
minat beli konsumen online shop. 2]. Terdapat pengaruh social media marketing terhadap
minat beli konsumen online shop. 3]. Terdapat pengaruh e-commerce Shopee dan social
media marketing terhadap minat beli konsumen online shop, terbukti kebenarannya.