Unigal Repository

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Show simple item record

dc.contributor.author SOLIHAH, ELIH
dc.contributor.author Wahyudin
dc.contributor.author Effendi, Adang
dc.date.accessioned 2022-08-10T06:09:45Z
dc.date.available 2022-08-10T06:09:45Z
dc.date.issued 2021-09-10
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1596
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan design studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI), Field Independent semi (FIs), Field Dependent semi (FDs) dan Field Dependent (FD) pada materi Program Linier berdasarkan 4 indikator pemecahan masalah yaitu kemampuan memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan memeriksa kembali proses dan hasil. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di salahsatu SMK swasta di Lumbung sebanyak 8 orang dengan masing – masing gaya kognitif FI, FIs, FDs, dan FD yang diwakili oleh 2 siswa. Gaya kognitif diukur dengan menggunakan tes GEFT. Pengumpulan data meliputi tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah subjek FI berkategori baik pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, berkategori cukup pada tahap memeriksa kembali proses dan hasil. 2) Kemampuan pemecahan masalah subjek FIs berkategori baik pada tahap memahami masalah, berkategori cukup pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, berkategori baik pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan berkategori cukup pada tahap memeriksa kembali proses dan hasil. 3) Kemampuan pemecahan masalah subjek FDs berkategori baik pada tahap memahami masalah, berkategori cukup pada tahap merencanakan penyelesaian masalah dan berkategori kurang pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan pada tahap memeriksa kembali proses dan hasil. 4) Kemampuan pemecahan masalah subjek FD berkategori cukup pada tahap memahami masalah dan pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, berkategori kurang pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan berkategori cukup pada tahap memeriksa kembali hasil proses dan hasil. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account