Unigal Repository

DAMPAK PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP VARIASI BAHASA PESERTA DIDIK JENJANG SEKOLAH DASAR (Deskripsi Bahasa Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Wangkelang III)

Show simple item record

dc.contributor.author DEJAN, MUHAMMAD
dc.contributor.author Hendaryan
dc.contributor.author Rukaesih, Dedeh
dc.date.accessioned 2022-08-10T02:26:24Z
dc.date.available 2022-08-10T02:26:24Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1590
dc.description.abstract ABSTRAK Muhammad Dejan: Dampak Pembelajaran Daring (Online) terhadap Variasi Bahasa Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar (Deskripsi Bahasa Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Wangkelang III). (Dosen Pembimbing Dr.H.R.Hendaryan, Drs.,M.M. dan Dr.Dedeh Rukaesih,Dra.,M.Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring (online) terhadap variasi bahasa peserta didik jenjang sekolah dasar, serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berada di Blok Senen Desa Wangkelang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Data diperoleh melalui telaah pustaka, teknik wawancara, teknik dokumentasi serta teknik analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakannya pembelajaran daring (online) pada idiolek peserta didik terlihat adanya variasi bahasa pada tuturan dalam percakapannya, karena mereka menemukan kosakata/pilihan kata yang baru, dampak yang terjadi pada dialek ditunjukan dengan adanya variasi dalam penggunaan bahasa, seharusnya peserta didik menggunakan bahasa yang sopan dengan basa sunda lemes, namun setelah adanya pelaksanaan pembelajaran daring (online) bahasa peserta didik dalam tuturan bahasanya menggunakan basa sunda sedeng lemes sedeng bahkan menggunakan basa sunda loma (akrab). Dampak pada kronolek peserta didik bertutur menggunakan pilihan kata baru berupa bahasa Inggris, istilah, singkatan, akronim dan pilihan kalimat, dan dampak pada sosiolek tuturan peserta didik menggunakan kalimat sering bernada kasar/akrab (loma istilah dalam basa sunda), juga tanpa bujukan dan pemberian pujian. Kata kunci : pembelajaran daring, variasi bahasa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH en_US
dc.subject pembelajaran daring, variasi bahasa. en_US
dc.title DAMPAK PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP VARIASI BAHASA PESERTA DIDIK JENJANG SEKOLAH DASAR (Deskripsi Bahasa Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Wangkelang III) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account