Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Dejan: Dampak Pembelajaran Daring (Online) terhadap Variasi
Bahasa Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar (Deskripsi
Bahasa Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Wangkelang
III). (Dosen Pembimbing Dr.H.R.Hendaryan, Drs.,M.M.
dan Dr.Dedeh Rukaesih,Dra.,M.Pd.)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring
(online) terhadap variasi bahasa peserta didik jenjang sekolah dasar, serta dampak
yang ditimbulkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berada di Blok Senen
Desa Wangkelang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Data
diperoleh melalui telaah pustaka, teknik wawancara, teknik dokumentasi serta
teknik analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa setelah
diadakannya pembelajaran daring (online) pada idiolek peserta didik terlihat
adanya variasi bahasa pada tuturan dalam percakapannya, karena mereka
menemukan kosakata/pilihan kata yang baru, dampak yang terjadi pada dialek
ditunjukan dengan adanya variasi dalam penggunaan bahasa, seharusnya peserta
didik menggunakan bahasa yang sopan dengan basa sunda lemes, namun setelah
adanya pelaksanaan pembelajaran daring (online) bahasa peserta didik dalam
tuturan bahasanya menggunakan basa sunda sedeng lemes sedeng bahkan
menggunakan basa sunda loma (akrab). Dampak pada kronolek peserta didik
bertutur menggunakan pilihan kata baru berupa bahasa Inggris, istilah, singkatan,
akronim dan pilihan kalimat, dan dampak pada sosiolek tuturan peserta didik
menggunakan kalimat sering bernada kasar/akrab (loma istilah dalam basa sunda),
juga tanpa bujukan dan pemberian pujian.
Kata kunci : pembelajaran daring, variasi bahasa.