| dc.contributor.author | Agustin, Tia | |
| dc.contributor.author | Ruhyanto, Ahyo | |
| dc.contributor.author | Agustin Eka Yanti, Rini | |
| dc.date.accessioned | 2022-08-06T06:08:28Z | |
| dc.date.available | 2022-08-06T06:08:28Z | |
| dc.date.issued | 2021-07 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1458 | |
| dc.description.abstract | Tia Agustin (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Unggulan Darul Amira Cihaurbeuti (Studi Eksperimen Di Kelas X IPS Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral)” dibawah bimbingan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs. M.Pd., selaku pembimbing I dan ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd,. M.Pd selaku pembimbing II. Kemampuan berpikir ktitis dalam pembelajaran sangat diperlukan karena dengan kemampuan berpikir kritis siswa mampu mengenali materi pembelajaran dengan baik, serta mendorong proses berpikir kritis siswa untuk menemukan fakta-fakta dalam pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script mempengaruhi peningkatan berpikir kritis siswa untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script pada pengukuran awal dan pengukuran ahir di kelas eksperimen. 2) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran ahir di kelas kontrol. 3) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script dengan yang menggunakan metode pembelejaran konvensional pada pengukuran ahir. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode dokumentasi dan metode observasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pemmbelajaran Koperatif tipe Cooperatove Script dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pda pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (post test). Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Script, berpikir kritis | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Script, berpikir kritis | en_US |
| dc.title | 1 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA UNGGULAN DARUL AMIRA CIHAURBEUTI (Studi Quasi Eksperimen Di Kelas X IPS Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral ) | en_US |
| dc.type | Article | en_US |