Abstract:
Tia Agustin (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe
Cooperative Script Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran
Ekonomi di MA Unggulan Darul Amira Cihaurbeuti (Studi Eksperimen Di Kelas
X IPS Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral)” dibawah
bimbingan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs. M.Pd., selaku pembimbing I dan ibu
Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd,. M.Pd selaku pembimbing II.
Kemampuan berpikir ktitis dalam pembelajaran sangat diperlukan karena
dengan kemampuan berpikir kritis siswa mampu mengenali materi pembelajaran
dengan baik, serta mendorong proses berpikir kritis siswa untuk menemukan
fakta-fakta dalam pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa dengan diterapkannya
model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script mempengaruhi
peningkatan berpikir kritis siswa untuk menunjang kelancaran proses
pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1)
perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran
Cooperative script pada pengukuran awal dan pengukuran ahir di kelas
eksperimen. 2) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran ahir di kelas kontrol. 3)
perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran
Cooperative script dengan yang menggunakan metode pembelejaran
konvensional pada pengukuran ahir. Metode penelitian yang digunakan adalah
Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode dokumentasi dan
metode observasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan
berpikir kritis siswa yang menggunakan model pemmbelajaran Koperatif tipe
Cooperatove Script dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pda
pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (post test).
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Script, berpikir kritis