Unigal Repository

DAMPAK BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN (STUDI KASUS PADA UKM P’GODASH HYDROPONIC MENU DI KOTA BANJAR)

Show simple item record

dc.contributor.author Rohayati, Dedeh
dc.date.accessioned 2019-04-26T05:17:26Z
dc.date.available 2019-04-26T05:17:26Z
dc.date.issued 2018-03-24
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/141
dc.description Artikel ini terdapat dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis II Universitas Galuh Ciamis, ISBN 978-602-61748-1-9, 24 Maret 2018, Hal. 345. URL: http://repository.unigal.ac.id/handle/123456789/39 en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi produsen dan konsumen terhadap dampak bahasa Inggris sebagai bahasa global untuk meningkatkan kualitas pemasaran sekaligus menganalisis kosakata bahasa Inggris yang digunakan oleh P’godash Hydroponic Menu (PHM). Kajian ini menggunakan methodology kualitatif jenis studi kasus, serta sampel ditentukan sendiri oleh peneliti (purposive) yaitu salah satu anggota UKM di Kota Banjar Jawa Barat yang memasarkan produk pertanian sayuran hidroponik bernama P’godash Hydroponic Menu. Pengambilan data primer diperoleh dengan tekhnik wawancara secara mendalam kepada produsen dan konsumen P’godash Hydroponic Menu; dan berupa dokumen teks (daftar menu). Hasil wawancara menunjukan bahwa penggunaan bahasa Inggris sangat penting digunakan dalam pemasaran P’godash Hydroponic Menu. Hasil temuan ini selaras dengan hasil wawancara kepada 15 orang pembeli yang menyimpulkan bahwa, secara berurutan, penggunaan bahasa Inggris adalah untuk menarik perhatian pembeli (87%), supaya mudah diingat (87), untuk promosi produk (80%), sebagai sumber kekuatan dalam penjualan (60%), dan untuk meningkatkan kualitas pemasaran (60%). Sedangkan data yang telah diperoleh dari dokumen daftar menu dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik sederhana. Hasil temuan membuktikan bahwa PHM menggunakan beberapa kosakata bahasa Inggris dalam tataran kata (15) untuk nama-nama jenis sayuran dan frasa (8) untuk varian nama-nama aneka minuman jus.Hasil penelitian ini menyarankan pelaku pemasaran untuk lebih meningkatkan kualitas pemasaran dan volume penjualan melalui pengetahuan literasi Bahasa Inggris (linguistik). en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject bahasa Inggris, bahasa global, pemasaran en_US
dc.title DAMPAK BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN (STUDI KASUS PADA UKM P’GODASH HYDROPONIC MENU DI KOTA BANJAR) en_US
dc.title.alternative Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis II Universitas Galuh Ciamis, ISBN 978-602-61748-1-9, 24 Maret 2018, Hal. 345. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account