Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi produsen dan konsumen terhadap dampak bahasa Inggris sebagai bahasa global untuk meningkatkan kualitas pemasaran sekaligus menganalisis kosakata bahasa Inggris yang digunakan oleh P’godash Hydroponic Menu (PHM). Kajian ini menggunakan methodology kualitatif jenis studi kasus, serta sampel ditentukan sendiri oleh peneliti (purposive) yaitu salah satu anggota UKM di Kota Banjar Jawa Barat yang memasarkan produk pertanian sayuran hidroponik bernama P’godash Hydroponic Menu. Pengambilan data primer diperoleh dengan tekhnik wawancara secara mendalam kepada produsen dan konsumen P’godash Hydroponic Menu; dan berupa dokumen teks (daftar menu). Hasil wawancara menunjukan bahwa penggunaan bahasa Inggris sangat penting digunakan dalam pemasaran P’godash Hydroponic Menu. Hasil temuan ini selaras dengan hasil wawancara kepada 15 orang pembeli yang menyimpulkan bahwa, secara berurutan, penggunaan bahasa Inggris adalah untuk menarik perhatian pembeli (87%), supaya mudah diingat (87), untuk promosi produk (80%), sebagai sumber kekuatan dalam penjualan (60%), dan untuk meningkatkan kualitas pemasaran (60%). Sedangkan data yang telah diperoleh dari dokumen daftar menu dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik sederhana. Hasil temuan membuktikan bahwa PHM menggunakan beberapa kosakata bahasa Inggris dalam tataran kata (15) untuk nama-nama jenis sayuran dan frasa (8) untuk varian nama-nama aneka minuman jus.Hasil penelitian ini menyarankan pelaku pemasaran untuk lebih meningkatkan kualitas pemasaran dan volume penjualan melalui pengetahuan literasi Bahasa Inggris (linguistik).
Description:
Artikel ini terdapat dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis II Universitas Galuh Ciamis, ISBN 978-602-61748-1-9, 24 Maret 2018, Hal. 345.
URL: http://repository.unigal.ac.id/handle/123456789/39