Abstract:
SUCI NUR AISAH. (2118170043). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal
Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal program linear ditinjau dari gaya belajar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini
berjumlah 6 orang yang dipilih berdasarkan gaya belajar siswa kelas XI di salah
satu MA swasta di Ciamis Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dibedakan menjadi
tiga gaya belajar, yaitu auditorial, visual dan kinestetik. Masing-masing dari tiga
gaya belajar tersebut, diambil 2 siswa yang sebelumnya sudah melakukan tes
gaya belajar. Penelitian ini dilakukan melalui tes kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal berupa 2 buah butir soal uraian dan wawancara. Teknis
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Mereduksi data.
(2) Menyajikan data. (3) Menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam
menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal, (2) Siswa dengan gaya
belajar auditorial mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep, menerapkan
prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal, (3) Siswa dengan gaya belajar
kinestetik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal.
Kata Kunci : Kesulitan, Program Linear, Gaya Belajar