| dc.contributor.author | NURWAHIDAH, AMI | |
| dc.date.accessioned | 2022-08-05T03:52:09Z | |
| dc.date.available | 2022-08-05T03:52:09Z | |
| dc.date.issued | 2020 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1393 | |
| dc.description.abstract | AMI NURWAHIDAH (2118160011). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tambaksari sebanyak 9 orang. Pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan tiga indikator kemampuan koneksi matematis yaitu kemampuan koneksi antar topik matematika, kemampuan koneksi matematis dengan disiplin ilmu lain, dan kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari. Poin hasil penelitian sesuai dengan teknik analisis berdasarkan 3 indikator diatas bahwa : (1) Siswa yang berkemampuan koneksi tinggi dan sedang cenderung dapat mengkoneksikan antar topik matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok. Sedangkan siswa yang berkemampuan matematis rendah cenderung belum mampu mengkoneksikan antar topik matematika. Hal tersebut terlihat dari kurangnya kelengkapan informasi yang tertulis pada lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan permasalahan; (2) Siswa yang berkemampuan koneksi matematis tinggi dan sedang cenderung dapat mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok. Siswa dengan kemampuan matematis rendah cenderung belum bisa mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain, karena merasa kesulitan dalam mensubstitusikan soal ke dalam rumus; (3) Siswa yang berkemampuan koneksi matematis matematis tinggi cenderung dapat mengkoneksikan matematika pada kehidupan sehari-hari. Siswa dengan kemampuan matematis rendah dan sedang cenderung belum bisa mengkoneksikan matematika pada kehidupan sehari-hari, karena merasa kesulitan dalam memahami soal. Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Cerita, Kubus dan Balok | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
| dc.subject | Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Cerita, Kubus dan Balok | en_US |
| dc.title | ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK | en_US |
| dc.type | Article | en_US |