Abstract:
AMI NURWAHIDAH (2118160011). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan koneksi
matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan
balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tambaksari sebanyak 9
orang. Pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis
berdasarkan tiga indikator kemampuan koneksi matematis yaitu kemampuan koneksi
antar topik matematika, kemampuan koneksi matematis dengan disiplin ilmu lain, dan
kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari. Poin hasil penelitian
sesuai dengan teknik analisis berdasarkan 3 indikator diatas bahwa : (1) Siswa yang
berkemampuan koneksi tinggi dan sedang cenderung dapat mengkoneksikan antar
topik matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan
balok. Sedangkan siswa yang berkemampuan matematis rendah cenderung belum
mampu mengkoneksikan antar topik matematika. Hal tersebut terlihat dari kurangnya
kelengkapan informasi yang tertulis pada lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan
permasalahan; (2) Siswa yang berkemampuan koneksi matematis tinggi dan sedang
cenderung dapat mengkoneksikan matematika dengan disiplin ilmu lain dalam
menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan kubus dan balok. Siswa dengan
kemampuan matematis rendah cenderung belum bisa mengkoneksikan matematika
dengan disiplin ilmu lain, karena merasa kesulitan dalam mensubstitusikan soal ke
dalam rumus; (3) Siswa yang berkemampuan koneksi matematis matematis tinggi
cenderung dapat mengkoneksikan matematika pada kehidupan sehari-hari. Siswa
dengan kemampuan matematis rendah dan sedang cenderung belum bisa
mengkoneksikan matematika pada kehidupan sehari-hari, karena merasa kesulitan
dalam memahami soal.
Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Soal Cerita, Kubus dan Balok