Unigal Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Nurussalam Pasirparigi Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya )

Show simple item record

dc.contributor.author USWAH HASANAH, TIA
dc.date.accessioned 2022-08-03T04:46:21Z
dc.date.available 2022-08-03T04:46:21Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1345
dc.description.abstract Judul penelitian : “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Nurussalam Pasirparigi Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya )” Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MA Nurussalam yaitu 70 namun belum dapat dicapai oleh sebagian besar siswa. Kenyataan ini dijumpai setelah peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia pada sekolah tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dalam meningkatkan kemampuan menulis resensi cerita pendek. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis Resensi Cerita Pendek di Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Nurussalam adalah dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Setelah digunakannya model pembelajaran NHT hasil penelitian yang diperoleh adalah siklus I, 12 siswa dari 19 siswa (63,15%) dapat mencapai KKM dan 7 siswa (36,84%) lainnya belum mencapai KKM. Rata-rata nilai pada pembelajaran siklus I adalah 71,3. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa, yaitu seluruh siswa (100%) telah mencapai KKM dengan rata-rata 87. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis resensi cerita pendek dengan model pembelajaran NHT telah berhasil. Hal ini ditandai oleh lebih dari 75% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai kriteria ketuntasan minimal. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject model pembelajaran NHT (Numbered Head Together), menulis resensi cerita pendek en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Nurussalam Pasirparigi Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya ) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account