Abstract:
Judul penelitian : “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Cerita Pendek
dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah
Nurussalam Pasirparigi Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya )”
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MA Nurussalam yaitu 70 namun
belum dapat dicapai oleh sebagian besar siswa. Kenyataan ini dijumpai setelah
peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa
Indonesia pada sekolah tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)
Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran NHT
(Numbered Head Together) dalam meningkatkan kemampuan menulis resensi
cerita pendek. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis
Resensi Cerita Pendek di Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Nurussalam adalah
dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together).
Setelah digunakannya model pembelajaran NHT hasil penelitian yang
diperoleh adalah siklus I, 12 siswa dari 19 siswa (63,15%) dapat mencapai KKM
dan 7 siswa (36,84%) lainnya belum mencapai KKM. Rata-rata nilai pada
pembelajaran siklus I adalah 71,3. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan
siswa, yaitu seluruh siswa (100%) telah mencapai KKM dengan rata-rata 87.
Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan
siswa dalam menulis resensi cerita pendek dengan model pembelajaran NHT telah
berhasil. Hal ini ditandai oleh lebih dari 75% dari jumlah siswa yang mengikuti
pembelajaran telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.