Abstract:
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana
pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Java Medica
Tasikmalaya?; 2]Bagaimana kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen
Java Medica Tasikmalaya?; 3]Bagaimana pengaruh food quality dan service
quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran?. Adapun
tujuanya yaitu : 1] mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk
terhadap kepuasan konsumen Java Medica Tasikmalaya; 2]mengetahui dan
menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Java Medica
Tasikmalaya; 3] mengetahui dan menganalisis kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen Java Medica Tasikmalaya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling.
Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan analisis
koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji Hipotesis menggunakan
Uji signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data
menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
dengan nilai korelasi sebesar 0,85 dan nilai deteminasi sebesar 72,25%; kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi
sebesar 0,67 dan nilai determinasi sebesar 44,89%; kualitas produk dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi
sebesar 0,88 dan nilai determinasi sebesar 77,40%. Maka sebaiknya Java Medica
Tasikmalaya mampu meningkatkan kepuasan konsumen melalui peningkatan
kualitas produk dan kualitas pelayanan.