Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada belum optimalnya keputusan pembelian konsumen
dalam memilih produk handphone pada masyarakat Desa Rancah yang
diakibatkan oleh belum optimalnya pengetahuan konsumen mengenai brand dan
country of origin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh brand
terhadap keputusan pembelian konsumen, pengaruh country of origin terhadap
keputusan pembelian konsumen, pengaruh brand dan country of origin terhadap
keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk handphone pada
Masyarakat Desa Rancah. Metode yang digunakan yaitu metode survey
explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis
koefisien korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, analisis regresi
linear sederhana dan berganda, dan penggujian hipotesis (Uji t,Uji F). Hasil
penelitian menunjukan bahwa: Pengetahuan masyarakat tentang brand hanphone
di Desa Rancah termasuk dalam kategori baik. Begitu pula berdasarkan hasil
pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan brand terhadap keputusan pembelian konsumen, Country of origin
handphone di Desa Rancah termasuk dalam kategori baik. Begitu pula
berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan country of origin terhadap keputusan pembelian konsumen,
Keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk handphone di Desa
Rancah termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan brand
dan country of origin terhadap keputusan pembelian konsumen. Artinya jika
brand dan country of origin suatu produk sudah baik maka keputusan pembelian
akan meningkat.