Unigal Repository

ANALISIS TINGKAT PELAYANAN (LEVEL OF SERVICE) PADA JALAN LUAR KOTA

Show simple item record

dc.contributor.author Herman Sudrajat, Giri
dc.contributor.author Sudrajat, Giri Herman
dc.date.accessioned 2025-12-17T07:30:55Z
dc.date.available 2025-12-17T07:30:55Z
dc.date.issued 2025-10-27
dc.identifier.other 7011210042
dc.identifier.other 7011210042
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8301
dc.description.abstract Jalan sebagai infrastruktur utama berperan penting dalam mendukung mobilitas dan pertumbuhan ekonomi daerah. Namun, peningkatan jumlah kendaraan bermotor sering menyebabkan kemacetan dan kepadatan lalu lintas, yang tidak hanya disebabkan oleh volume kendaraan atau kapasitas jalan, tetapi juga oleh perilaku pengendara yang tidak tertib, seperti mengabaikan rambu, memotong jalur, dan parkir sembarangan. Ruas Jalan Singaparna di Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan jalur arteri penghubung antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya kerap mengalami kemacetan akibat tingginya volume lalu lintas dan hambatan samping. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis volume lalu lintas, hambatan samping, kecepatan arus bebas, kapasitas ruas jalan, dan derajat kejenuhan, serta mengetahui tingkat pelayanan (Level of Service) pada jalan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Km. Bdg. 205+000 – Km. Bdg. 206+000. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang menjadi acuan dalam melakukan analisis menggunakan PKJI 2023. Hasil penelitian menunjukkan volume lalu lintas puncak pada Jalan Raya Singaparna Kabupaten Tasikmalaya terjadi pada Sabtu jam 17.00 - 18.00 sebesar 3042 smp/jam. Frekuensi bobot hambatan samping termasuk kategori hambatan tinggi terjadi pada Senin 14 Juli 2025 pukul 06.00 - 07.00 sebesar 1397 dengan rata - rata frekuensi bobot 349, kecepatan arus bebas di dapat sebesar 52,73 km/jam untuk mobil penumpang, kemudian kapasitas ruas jalan didapat 3302,21 smp/jam, dan diketahui derajat kejenuhan sebesar 0,92. Maka tingkat pelayanan jalan (Level of Service) pada jam puncak pada hari Sabtu jam 17.00 - 18.00 sebesar 3042 smp/jam, maka jalan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya berada pada level E dengan alternatif perbaikan menjadi level C dengan hambatan samping bisa terselesaikan dan menjadi sangat rendah dan faktor pemisah arah dapat di optimalkan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Teknik Sipil,Fakultas Teknik, Universitas Galuh en_US
dc.subject Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, Level of Service. en_US
dc.subject Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, Level of Service. en_US
dc.title ANALISIS TINGKAT PELAYANAN (LEVEL OF SERVICE) PADA JALAN LUAR KOTA en_US
dc.title.alternative (Studi Kasus Jalan Raya Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Km. Bdg. 205+000 - Km. Bdg. 206+000) en_US
dc.title.alternative (Studi Kasus Jalan Raya Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Km. Bdg. 205+000 - Km. Bdg. 206+000) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account