Unigal Repository

Strategi Pengembangan Agroindustri Sale Pisang Basah

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Andina Pebriana
dc.date.accessioned 2025-12-11T08:34:59Z
dc.date.available 2025-12-11T08:34:59Z
dc.date.issued 2025-09-09
dc.identifier.citation Agustina, A. E. (2014). Analisis Pemanfaatan Dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan di Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Andri Ferdian Yuliansah. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang. 6(3), 371– 378. Asriani, (2021). Pengembangan agroindustri sagu menjadi cemilan sehat “Bagea Sahe” melalui identifikasi preferensi konsumen di Sulawesi Tenggara. Jurnal Industri Halal, 7(2), 117–125. Belay, B. S. (2022). Umur Poduktif Pada Usaha Pengembangan(8.5.2017), 2003–2005. Budiarto. (2009). Pemilihan Teknologi Dalam Pengembangan Agro Industri Perdesaan. Pengembangan Teknologi Berbasis Bahan Baku Lokal, 20(1), 657–664. Diyahwati, (2024). Kualitas Sale Pisang Goreng Pada Berbagai Tingkat Kematangan Buah Pisang Raja Siem (Musa Acuminata) dan Potensinya Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 10(2), 285–294. Fauzi. (2018). Analisis Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba. Hairurnisa, R,. (2024). Analisis Rantai Pasok Bahan Baku Utama Agroindustri Keripik Pisang Arzizah. Revenue Manuscript, 2(1), 69–83. Halawa, E. (2021). Analisis SWOT sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi Kasus pada Dasom Beauty & Me Nail Surabaya). Halawa, W. I., (2021). Penetapan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot Pada Wheels And Brakes Café Surabaya. Improvement: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 154. Hendrawati. (2017) Pengertian studi kasus Jurnal Akuntansi,. Ii, B. A. B. rangkuti (2008) Kinerja pertimbangan pada analisis SWOT Khairad, F. (2020). Sektor Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Aspek Agribisnis. Jounal Agriuma, 2(2), 82–89. Komoditi, P., (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Produk Dalam Rantai Pasok Komoditi Pisang Di Provinsi Bengkulu. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 31(2), 220–231. Lestari, E. (2023). Penerapan Konsep Ekonomi Sirkular untuk Pisang dan Produk Olahannya/ Lutfi Prahesti, et al., (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran Online Sale Pisang Di Home Industry Sari Agung Desa Kedungringin Kecamatan Muncar. Jurnal Javanica, 2(2), 81– 95. Margahana, H., et al,. (2021). Strategi usaha dalam pengembangan agroindustri sale pisang pada Desa karang binangun kecamatan belitung madang raya oku timur. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 19, 2. Masuku, M. A. (2021). Kajian Sifat Kimia dan Organoleptik Sale Pisang Raja dengan Pengeringan Menggunakan Cabinet Drying. AGRIKAN: Jurnal Agribisnis Perikanan, 14(2), 232–242. Nihaya, Y., et al,.(2020). Kelayakan Usaha dan Nilai Tambah Sale Pisang di Sentra Pengolahan Sale Kabupaten Grobogan. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis Dan Biosistem, 8(3), 236–244. (Nayantakaningtyas & Daryanto, 2012).Matriks Ifas Dan Matriks EFAS, 2. Muliyah, P.,& D (2020). Tanaman pisang (Musa Paradisiaca L) Journal GEEJ, 7(2). Prisdinawati, D.,(2022). Strategi Pemasaran Pisang Sale Di Sentra Kios Oleh-Oleh “12 Saudara” Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal AGRIBIS, 15(2), Paramitha, P.,E., (2015). Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing (Studi Kasus: Industri Batik SYN-Surakarta). 1–15. Putri Yulianda et al,. (2023). Perilaku Remaja Di Kelurahan Gurun Lawas Nan Xx Tentang Konsumsi Makanan Tradisional Dan Makanan Modern. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 233–244. Rangkuti. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis analisis SWOT. PT. Gramedia Pustaka Utama. Santoso, B., Seno (2019) Pada berdasarkan analisis SWOT jember Sariamanah, W. O. (2016). Karakterisasi morfologi tanaman pisang (Musa paradisiaca L.): Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 1(3), 32–41. Sulisytowati, Lies (2015 ) Strategi Pengembangan Agroindustri Manisan Mangga( Studi Kasus Pada UMKM Satria Di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, 2, 6. Sunandar, A., Noer, I., & ... (2020). Strategi Promosi Penjualan Keripik Pisang Di Pd Xx. Karya Ilmiah Mahasiswa, 1–10. Suprapto. (2011). Karakteristik, Penerapan, dan Pengembangan Agroindustri Hasil Pertanian di Indonesia. Fakultas Manajemen Agribisnis- Universitas Mercu Buana Suwandi, A., & Daulay, N. (2022). Peranan, dan Kendala Pengembangan Agroindustri. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 92. Yanti, N. W. P., & Prayitno, J. (2025). Strategi Efisiensi Distribusi Produk Makanan Ringan Dalam Menghadapi Tantangan Geografis Di Kabupaten Lombok Tengah. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(2), 3719–3725. Yudistira Kasra, A. N. (2020). View metadata, citation and similar papers at core. 274–282 en_US
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8292
dc.description.abstract Sale pisang basah merupakan produk makanan ringan yang terbuat dari buah pisang yang diawetkan dengan cara pengeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan pada strategi pengembangan agroindustri sale pisang basah dan (2) Faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman pada strategi pengembangan sale pisang basah dan (3) Strategi pengembangan sale pisang basah. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, analisis pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT, menggunakan data primer dan data sekunder dengan penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor kekuatan yaitu, ketersediaan bahan baku, produk berkualitas, Mempunyai cita rasa yang manis legit, sedangkan di kelemahannya yaitu perubahan cuaca yang tidak stabil, promosi belum maksimal. Sedangkan di faktor eksternal berupa peluang pada penelitian adanya memiliki konsumen tetap, banyaknya agen distributor, produk dapat dijadikan oleh-oleh, sedangkan di ancamannya yaitu banyaknya persaingan produk, banyaknya makanan modern, fluktuasi harga bahan baku. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar agroindustri sale pisang basah perlu membangun atau memperbaiki sarana dan prasarana, khususnya pada fasilitas pengolahan dan transportasi, guna menunjang kelancaran produksi, distribusi bahan baku, serta meningkatkan hasil produksi. en_US
dc.description.sponsorship Hj Tiktiek Kurniawat, SH., M.M. Saepul Aziz SP.,MP en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Agroindustri, Sale Pisang Basah, Strategi Pengembangan en_US
dc.title Strategi Pengembangan Agroindustri Sale Pisang Basah en_US
dc.title.alternative (Studi Kasus Pada Agroindustri Sale Pisang Basah Mitra Sale di Desa arangpawitan kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account