Abstract:
Sale pisang basah merupakan produk makanan ringan yang terbuat dari buah pisang yang diawetkan dengan cara pengeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan pada strategi pengembangan agroindustri sale pisang basah dan (2) Faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman pada strategi pengembangan sale pisang basah dan (3) Strategi pengembangan sale pisang basah. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, analisis pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT, menggunakan data primer dan data sekunder dengan penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor kekuatan yaitu, ketersediaan bahan baku, produk berkualitas, Mempunyai cita rasa yang manis legit, sedangkan di kelemahannya yaitu perubahan cuaca yang tidak stabil, promosi belum maksimal. Sedangkan di faktor eksternal berupa peluang pada penelitian adanya memiliki konsumen tetap, banyaknya agen distributor, produk dapat dijadikan oleh-oleh, sedangkan di ancamannya yaitu banyaknya persaingan produk, banyaknya makanan modern, fluktuasi harga bahan baku. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar agroindustri sale pisang basah perlu membangun atau memperbaiki sarana dan prasarana, khususnya pada fasilitas pengolahan dan transportasi, guna menunjang kelancaran produksi, distribusi bahan baku, serta meningkatkan hasil produksi.