Unigal Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN TEKNIK COACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus pada SMKN Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Hamjah, Fauzi
dc.date.accessioned 2025-10-04T02:50:37Z
dc.date.available 2025-10-04T02:50:37Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8168
dc.description.abstract Tesis ini berjudul IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN TEKNIK COACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU(Studi Kasus pada SMKN Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya), Hamjah Fauzi, NIM. 82322324014. Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil supervisi akademik kepala sekolah dengan menggunakan pendekatan teknik coaching di SMKN Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya selama 3 tahun berturut-turut belum mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini menunjukan masih perlunya pembinaan oleh kepala sekolah terhadap kemampuan guru di SMKN Sukaresik dalam mengelola pembelajaran yang ideal di kelas sebagai upaya mendongkrak kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah :1) untuk menganalisis dan mendeskripsikan: Implementasi supervisi akademik kepala sekolah melalui pendekatan teknik coaching untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan supervisi akademik kepala sekolah melalui pendekatan teknik coaching untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan supervisi akademik kepala sekolah melalui pendekatan teknik coaching untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Pengawas, Kepala sekolah, Wakasek Bidang Penjaminan Mutu, dan Wakasek Kurikulum. Dengan menggunakan tekhnik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah SMKN Sukaresik Tasikmalaya melalui pendekatan teknik coaching merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada evaluasi kinerja guru, tetapi juga pada pengembangan kemampuan mereka melalui bimbingan, dukungan, dan umpan balik yang konstruktif. Dalam teknik coaching, kepala sekolah bekerja sama dengan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan, menetapkan tujuan, dan merencanakan tindakan untuk mencapai tujuan pendidikan. 2) Hambatan dalam mengimplementasikan supervisi akademik kepala sekolah melalui pendekatan teknik coaching untuk meningkatkan kompetensi profesional guru adalah adalah Pertama, adanya kompleksitas tugas manajerial kepala sekolah dalam supervisi coaching, terutama terkait manajemen waktu, kepala sekolah kurang memiliki waktu yang cukup atau maksimal untuk melakukan supervisi secara efektif. Kedua, dari kurangnya persiapan dari guru dalam melakukan supervisi. masalah yang umum terjadi, seringkali disebabkan oleh motivasi yang kurang terhadap pentingnya supervisi, atau anggapan bahwa supervisi hanya untuk mencari kesalahan. Masih ditemukan beberapa guru yang kurang menyadari manfaat supervisi bagi pengembangan diri dan kariernya. Ketiga, berasal dari terbatasnya sarana dan prasarana Sekolah dalam supervisi teknik coaching, seperti kurangnya ruang yang nyaman dan memadai untuk melakukan supervisi bagi guru. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan supervisi akademik Kepala Sekolah melalui pendekatan teknik coaching untuk meningkatkan kompetensi profesional guru adalah: Pertama, Kepala Sekolah dapat meningkatkan efisiensi waktu, dengan menggunakan teknik manajemen waktu yang efektif, Kedua peningkatan pemahaman tentang supervisi coaching pada guru, penyusunan instrumen supervisi yang jelas, selain itu, pelatihan dan pengembangan keterampilan supervisor dan guru. Ketiga, menyediakan ruang khusus yang dirancang untuk kegiatan coaching, dilengkapi dengan peralatan seperti proyektor, whiteboard, dan kursi yang nyaman. Ruang ini dapat digunakan untuk sesi coaching, pelatihan, dan diskusi. Ruang khusus ini akan memfasilitasi kegiatan coaching dengan lebih efektif dan nyaman, sehingga meningkatkan kualitas interaksi dan pembelajaran. en_US
dc.subject Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Teknik Coaching en_US
dc.title IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN TEKNIK COACHING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus pada SMKN Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account