Unigal Repository

Analisis saluran pemasaran minuman kesehatan jus honje (studi kasus pada UMKM restu sahabat di desa karangbenda kecamatan Parigi kabupaten pangandaran)

Show simple item record

dc.contributor.author Maulana, Wildan
dc.date.accessioned 2025-10-03T02:34:24Z
dc.date.available 2025-10-03T02:34:24Z
dc.date.issued 29-08-25
dc.identifier.issn 5009180094
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8151
dc.description.abstract ABSTRAKWILDAN MAULANA, 2025. Analisis Saluran Pemasaran Minuman Kesehatan Jus Honje ( Studi Kasus Pada UMKM Restu Sahabat Di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran). Di bawah bimbingan BENIDZAR M ANDRIE dan ANISA PUSPITASARI.Minuman Kesehatan Jus Honje adalah minuman kesehatan yang berasal dari sari Honje. proses dimulai dengan honje yang dikirim langsung dari petani, kemudian dilakukan penyortiran buah honje. Setelah mendapatkan honje yang sesuai dengan standar produksi, dilanjut dengan pembersihan honje. Honje yang sudah bersih ditumbuk atau dihancurkan dan direbus dengan menambahkan air secara langsung. Selesai perebusan honje disaring dan diberikan gula sebagai perasa tambahan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui saluran pemasaran Minuman Kesehatan Jus Honje Pada UMKM Restu Sahabat Di Desa Karangbenda, untuk mengetahui margin, biaya, dan keuntungan pemasaran Minuman Kesehatan Jus Honje Pada UMKM Restu Sahabat Di Desa Karangbenda dan mengetahibagian harga yang diterima oleh UMKM Restu Sahabat Di Desa Karangbenda. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatifsedangkan metode penelitian menggunakan studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder sedangkan teknik penentuan lokasi dilakukan secara sengaja(purposive). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Usaha Minuman Kesehatan Jus Honje pada UMKM Restu Sahabat Di Desa KarangbendaKecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu 3 saluran pemasaran, saluran I yaitu produsen ke distributor dan distributor menjual kembali ke pedagang pengecer, pedagang pengecer menjual ke konsumen, saluran pemasaran II yaitu dari produsen ke pedagang pengecer kemudian dari ke konsumen, saluran pemasaran III dari produsen ke konsumen. Producer’s share Saluran pemasaran I minuman kesehatan jus honje 200ml sebesar 61%, 250ml sebesar 67%, 330ml sebesar 71%. Pada saluran pemasaran II minuman kesehatan jus honje 200ml sebesar 65%, 250ml sebesar 76%, 330ml sebesar 80%, dan pada saluran pemasaran III seluruh ukuran minuman kesehatan jus honje (200ml,250ml,330ml) sebesar 100%.Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Saluran Pemasaran, Jus Honje. en_US
dc.description.sponsorship Benidzar m Andrie Anisa puspitasari en_US
dc.publisher Agribisnis pertanian en_US
dc.subject Efisiensi pemasaran, saluran pemasaran jus honje en_US
dc.title Analisis saluran pemasaran minuman kesehatan jus honje (studi kasus pada UMKM restu sahabat di desa karangbenda kecamatan Parigi kabupaten pangandaran) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account