Abstract:
Rifki Yuana Torik, NIM.3402200160. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Konsumen Toko Humble
Store)”. Dibawah Bimbingan Bapak H. Moch. Aziz Basari, S.Sos., M.M.
(Pembimbing I) dan Bapak H. Iwan Setiawan, S.E., M.M (Pembimbing II).
Persaingan bisnis di era digital menuntut perusahaan untuk mampu memanfaatkan
strategi pemasaran yang efektif. Promosi online dan kualitas pelayanan menjadi
faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi online dan kualitas pelayanan
terhadap keputusan pembelian pada Humble Store Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Humble store
Ciamis Jl. HOS Cokroaminoto No.19, Ciamis, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis,
Jawa Barat 46211. Dengan jumlah sampel 98 responden konsumen toko Humble
store. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis
Product Moment (Pearson), Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis
menggunakan Uji Signifikansi Uji t dan Uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa promosi online dan
kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada konsumen toko Humble Store dengan besarnya pengaruh 73,96%
dan sisanya 26,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi Humble Store Ciamis untuk
meningkatkan efektivitas promosi online serta memperbaiki kualitas pelayanan
agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Secara teoretis,
penelitian ini memperkaya kajian ilmu manajemen pemasaran, khususnya terkait
peran promosi digital dan kualitas pelayanan dalam memengaruhi perilaku
konsumen.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian