Abstract:
Penyusunan buku Panduan ini dilakukan semaksimal mungkin dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan secara terus menerus. Namun demikian, kekurangan dan kesalahan dan mungkin sulitnya operasional dapat terjadi pada saat pelaksanaan. Untuk itu perlu diperbaiki, disempurnakan dan dikembangkan secara berkala dimasa mendatang. Buku ini merupakan pedoman resmi yang disusun oleh tim dalam rangka memudahkan dan mengarah rencana studi mahasiswa.
Description:
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu mata kuliah syarat yang harus dipenuhi mahasiswa jenjang Sarjana S1 Program Studi Pendidikan Sejarah - FKIP - Universitas Galuh di semester Lima (5) dan atau berdasarkan ketentuan lain berdasarkan pertimbangan serta ketentuan lainnya dalam upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan tinggi para mahasiswa, dan mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan bagian dari mata kuliah yang tercantum dalam kurikulum dengan nilai bobot 2 sks. Kegiatan ini adalah kegiatan ilmiah berupa kajian materi perkuliahan menggunakan pendekatan keilmuan terhadap objek di luar kelas terkait jurusan dan program studi. Selain itu, Kegiatan ini sebagai penunjang pengembangan materi kuliah yang memiliki peran penting dan strategis mengingat kajian mata kuliah pada program studi tertentu yang banyak membutuhkan kajian di lapangan dalam bentuk pembelajaran sejarah di luar kelas (out bond study) untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan nyata tentang pembelajaran yang dipelajari. Dengan melihat secara langsung objek-objek bersejarah yang dikunjungi, diharapkan mahasiswa semakin mendalami materi yang dikaji dalam perkuliahan serta dapat mengaplikasikan pengetahuannya dan sebagai kegiatan pendidikan.
Memberikan bekal pengalaman di bidang kesejarahan kepada mahasiswa dalam rangka menerapkan/membandingkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di perkuliahan atau praktikum dengan situasi nyata di tempat observasi atau pengamatan.
Kegiatan kuliah lapangan bertujuan agar dilapangan mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan berkenaan penerapan konsep, teori, pengetahuan lainnya yang telah diperoleh di kelas. Dengan demikian tidak hanya menguasai pengetahuan secara teoritis tetapi dapat mengenal dan mengidentifikasi praktik penerapannya dalam bentuk yang sesungguhnya.