Abstract:
Camshaft (noken as) merupakan komponen vital dalam sistem kerja mesin, karena
berperan dalam mengatur waktu pembukaan dan penutupan katup, durasi buka katup,
serta overlap antara katup masuk dan buang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
dan membangun mesin bubut camshaft pada sepeda motor, serta menganalisis pengaruh
perubahan sudut dan durasi camshaft terhadap performa mesin dan konsumsi bahan
bakar. Metode yang digunakan adalah eksperimen perancangan alat dengan
penambahan fitur seperti tool copy camshaft, handle wheel, dan machine guard safety
untuk meningkatkan fungsi dan keamanan mesin bubut. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa mesin bubut camshaft hasil rancangan ini mampu memodifikasi sekaligus
menyalin bentuk camshaft standar menjadi camshaft racing. Penggunaan perangkat
lunak SolidWorks juga menunjukkan bahwa desain rangka mesin aman digunakan
dengan nilai tegangan maksimal 119,86 MPa, lebih rendah dari bataslelehmaterial (304
MPa). Mesin ini diharapkan dapat menjadi solusi praktis dan efisien bagi bengkel
sepeda motor dalam memodifikasi camshaft.
Kata kunci: camshaft, mesin bubut, rancang bangun, solidworks, performa mesin