Unigal Repository

Pengaruh Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada ShopeFood ( Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Taun Angkatan 2021 )

Show simple item record

dc.contributor.author Malik pajar, al muharom
dc.date.accessioned 2025-09-24T07:31:52Z
dc.date.available 2025-09-24T07:31:52Z
dc.date.issued 2025-08-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8078
dc.description.abstract Malik Pajar Al Muharom, NIM. 3402110087. “Pengaruh Online Costomer Riview Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada ShoppeFood (StudiPada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Galuh Tahun Angkatan 2021)”. Dibawah bimbingan Mochamad Aziz Basari,S.Sos.,M.M., (Pembimbing I) dan Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M. (Pembimbing II). Perkembangan teknologi digital mendorong peningkatan aktivitas belanja online, termasuk layanan pesan-antar makanan melalui platform ShopeeFood. Fenomena ini menjadikan ulasan pelanggan (online customer review) dan faktor harga sebagai pertimbangan utama konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Namun, belum jelas sejauh mana kedua faktor tersebut memengaruhi keputusan pembelian, khususnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Angkatan 2021. Hal ini menimbulkan rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian ShopeeFood, (2) bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ShopeeFood, dan (3) bagaimana pengaruh keduanya secara simultan terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online customer review dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian ShopeeFood pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Angkatan 2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian berjumlah 89 responden yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa online customer review, harga, dan keputusan pembelian termasuk dalam kategori baik. Hasil verifikatif membuktikan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Demikian pula, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, online customer review dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ShopeeFood pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Angkatan 2021 dengan kontribusi yang cukup besar. en_US
dc.description.sponsorship Mochamad Aziz Basari,S.Sos.,M.M., (Pembimbing I) dan Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M. (Pembimbing II). en_US
dc.subject Online Customer Review, Harga, Keputusan Pembelian, ShopeFood en_US
dc.title Pengaruh Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada ShopeFood ( Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Taun Angkatan 2021 ) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account