Abstract:
Malik Pajar Al Muharom, NIM. 3402110087. “Pengaruh Online Costomer 
Riview Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada ShoppeFood 
(StudiPada Mahasiswa  Fakultas Ekonomi Galuh Tahun Angkatan 2021)”. 
Dibawah bimbingan Mochamad Aziz Basari,S.Sos.,M.M., (Pembimbing I) dan 
Mukhtar Abdul Kader, S.E., M.M. (Pembimbing II). 
Perkembangan teknologi digital mendorong peningkatan aktivitas belanja online, 
termasuk layanan pesan-antar makanan melalui platform ShopeeFood. Fenomena 
ini menjadikan ulasan pelanggan (online customer review) dan faktor harga sebagai 
pertimbangan utama konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Namun, 
belum jelas sejauh mana kedua faktor tersebut memengaruhi keputusan pembelian, 
khususnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Angkatan 2021. 
Hal ini menimbulkan rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pengaruh online 
customer review terhadap keputusan pembelian ShopeeFood, (2) bagaimana 
pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ShopeeFood, dan (3) bagaimana 
pengaruh keduanya secara simultan terhadap keputusan pembelian. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online customer review 
dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian 
ShopeeFood pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Angkatan 2021. 
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif 
dan verifikatif. Sampel penelitian berjumlah 89 responden yang diperoleh 
menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis melalui uji validitas, 
reliabilitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji 
F. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa online customer review, harga, 
dan keputusan pembelian termasuk dalam kategori baik. Hasil verifikatif 
membuktikan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan 
terhadap keputusan pembelian. Demikian pula, harga berpengaruh positif dan 
signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, online customer review 
dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ShopeeFood pada 
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Angkatan 2021 dengan kontribusi 
yang cukup besar.