Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas
sekolah di SD Negeri 3 Sukamaju, SD Negeri 1 Jangraga, dan SD Negeri 2 Kertajaya,
Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran. Fokus penelitian meliputi tiga
aspek utama, yaitu: pelaksanaan kepemimpinan transformasional, gambaran peran
kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan transformasional, serta cara yang
tepat dalam mengimplementasikannya untuk meningkatkan efektivitas sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di ketiga satuan
pendidikan tersebut telah menerapkan berbagai dimensi kepemimpinan
transformasional, seperti pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual,
dan perhatian individual. Penerapan tersebut berkontribusi positif terhadap
peningkatan efektivitas sekolah, terutama dalam aspek manajerial, pengembangan
profesional tenaga pendidik, penguatan visi kelembagaan, serta penciptaan budaya
sekolah yang kolaboratif dan inovatif. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan
transformasional yang dijalankan secara konsisten dan kontekstual dapat menjadi
strategi kunci dalam mewujudkan sekolah yang efektif dan adaptif terhadap tantangan
zaman.