Abstract:
Penelitian dilatarbelakangi oleh pengelolaan fasilitas olahraga masih menghadapi
beberapa tantangan saat menerapkannya. Sekolah tidak dapat menyediakan semua jenis
fasilitas olahraga yang ideal bagi peserta didik karena keterbatasan lahan. Akibatnya,
beberapa kegiatan olahraga harus disesuaikan dengan kondisi lahan saat ini. Selain itu,
jumlah tenaga pemelihara sangat terbatas, dengan hanya satu petugas yang bertanggung
jawab atas seluruh fasilitas sekolah, termasuk fasilitas olahraga. Akibatnya, perawatan tidak
selalu berhasil karena satu petugas harus menangani berbagai bagian pemeliharaan lainnya.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan
Perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik di SMK LPS 1 Ciamis. 2) Untuk menganalisis dan
mendeskripsikan Inventarisasi sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK LPS 1 Ciamis. 3) Untuk menganalisis dan
mendeskripsikan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK LPS 1 Ciamis, 4) Untuk menganalisis dan
mendeskripsikan Pengawasan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK LPS 1 Ciamis.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi
(pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu: Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana
Prasarana, dan Guru Penjas. Dengan tekhnik analisis data yang dilakukan melalui reduksi
data, penyajian data dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan sarana prasarana pembelajaran
pendidikan jasmani dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK LPS 1 Ciamis
telah dilakukan sesuai dengan indikator-indikator dalam penelitian ini seperti adanya analisis
kebutuhan sarana prasarana, adanya diskusi untuk merumuskan kebutuhan sarana prasarana,
adanya tujuan dilaksanakannya kegiatan perencanaan sarana dan prasarana dan rumus
pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana olahraga. 2) Inventarisasi sarana dan prasarana
pembelajaran pendidikan jasmani dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK
LPS 1 Ciamis telah dilakukan sesuai dengan indikator-indikator dalam penelitian ini seperti
adanya pencatatan semua sarana dan prasarana dan pelabelan serta tanda register semua
sarana dan prasarana olahraga dan adanya pelaporan sarana dan prasarana olahraga. Namun
masih terdapat kekurangan dari proses administratifnya masih menggunakan manual dan
belum digital. 3) Pemeliharaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran
pendidikan jasmani dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK LPS 1 Ciamis
telah dilakukan sesuai dengan indikator-indikator dalam penelitian ini seperti adanya
kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan, adanya pemeliharaan secara kontinyu,
penggunaan alat olahraga digunakan sesuai dengan fungsinya dan penggunaan semua sarana
dan prasarana olahraga secara hemat dan hati-hati. 4) Pengawasan penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik
di SMK LPS 1 Ciamis telah dilakukan sesuai dengan indikator-indikator dalam penelitian ini
seperti adanya pengamatan, evaluasi, dan pelaporan, pemeriksaan dan pemberian pengarahan
dan bimbingan terhadap pengelola sarana dan prasarana. Namun kekurangannya terletak