Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan ladder drill
terhadap peningkatan kelincahan dalam permainan olahraga tradisional pada nomor
hadang. Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan
metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-post test design. Instrumen
yang digunakan adalah pretest dan posttest kelincahan Zig-Zag dengan menggunakan 5
cones,permukaan anti selip,dan stopwatch. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji prasyarat analisis yaitu: 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas dan 3) uji hipotesis.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Gunungtelu dengan sampel siswa kelas v yang
berjumlah 15 siswa, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari
penelitian ini adalah menunjukan bahwa latihan ladder drill memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kelincahan pada pemain hadang yaitu siswa kelas v SD Negeri 3
Gunungtelu, berdasarkan uji t (pired sample t-test), hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan
hipotesis nol (Ho) ditolak karena nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000>0,05 sebesar
7,190 atau bisa diartikan (7,190 > 1,761). Artinya ada pengaruh signifikan terhadap
kelincahan.