Abstract:
PUTRI TSURAYA, NIM 3402210327. “Pengaruh Program Promo Gratis dan 
Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada 
Mahasiswa Universitas Galuh Pengguna Produk Skincare Skintific di Platform 
Shopee)”. Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M sebagai 
(Pembimbing I) dan Wiwin Setianingsih, S.E., M.M sebagai (Pembimbing II). 
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Program Promo Gratis dan Celebrity 
Endorsment terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Mahasiswa 
Universitas Galuh Pengguna Produk Skincare Skintific di Platform Shopee)”. 
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : Bagaimana  Pengaruh 
Program Promo Gratis terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Universitas 
Galuh pengguna produk skincare Skintific di platform Shopee?, Bagaimana 
Pengaruh Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa 
Universitas Galuh Pengguna Produk Skincare Skintific di Platform Shopee?, 
Bagaimana Pengaruh Program Promo Gratis dan Celebrity endorsment terhadap 
Keputusan Pembelian pembelian pada Mahasiswa Universitas Galuh pengguna 
produk skincare Skintific di platform Shopee? Adapun tujuan penelitian ini adalah 
untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Program promo gratis terhadap 
keputusan pembelian, Pengaruh Celebrity Endorsment terhadap Keputusan 
Pembelian, Pengaruh Program Promo Gratis dan Celebrity Endorsment terhadap 
Keputusan Pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik survey. Sedangkan untuk 
menganalisis data yang diperoleh digunakan uji MSI (Method of Succesive 
Interval), regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t, 
regresi linier berganda, korelasi berganda, dan uji f. Hasil dari penelitian dan 
pengolahan data menunjukkan bahwa program promo gratis dan celebrity 
endorsment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian 
dengan besarnya pengaruh 74,7% dan sisanya 25,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Program Promo Gratis dan 
Celebrity Endorsment semakin tinggi maka Keputusan Pembelian pada Mahasiswa 
Universitas Galuh Pengguna produk skincare Skintific di platform Shopee akan 
meningkat. Diharapkan agar Skintifc terus mengembangkan strategi promosi yang 
menarik, khususnya promo gratis yang bernilai bagi konsumen, serta memilih 
celebrity endorsment yang memiliki kredibilitas, relevansi, dan kedekatan dengan 
segmen pasar sasaran seperti mahasiswa, agar dapat meningkatkan efektivitas 
kampanye pemasaran dan mendorong keputusan pembelian. 
Kata kunci: Program  Promo Gratis, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian