Abstract:
PUTRI TSURAYA, NIM 3402210327. “Pengaruh Program Promo Gratis dan
Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada
Mahasiswa Universitas Galuh Pengguna Produk Skincare Skintific di Platform
Shopee)”. Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M sebagai
(Pembimbing I) dan Wiwin Setianingsih, S.E., M.M sebagai (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Program Promo Gratis dan Celebrity
Endorsment terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Mahasiswa
Universitas Galuh Pengguna Produk Skincare Skintific di Platform Shopee)”.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : Bagaimana Pengaruh
Program Promo Gratis terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Universitas
Galuh pengguna produk skincare Skintific di platform Shopee?, Bagaimana
Pengaruh Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa
Universitas Galuh Pengguna Produk Skincare Skintific di Platform Shopee?,
Bagaimana Pengaruh Program Promo Gratis dan Celebrity endorsment terhadap
Keputusan Pembelian pembelian pada Mahasiswa Universitas Galuh pengguna
produk skincare Skintific di platform Shopee? Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Program promo gratis terhadap
keputusan pembelian, Pengaruh Celebrity Endorsment terhadap Keputusan
Pembelian, Pengaruh Program Promo Gratis dan Celebrity Endorsment terhadap
Keputusan Pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik survey. Sedangkan untuk
menganalisis data yang diperoleh digunakan uji MSI (Method of Succesive
Interval), regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t,
regresi linier berganda, korelasi berganda, dan uji f. Hasil dari penelitian dan
pengolahan data menunjukkan bahwa program promo gratis dan celebrity
endorsment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
dengan besarnya pengaruh 74,7% dan sisanya 25,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Program Promo Gratis dan
Celebrity Endorsment semakin tinggi maka Keputusan Pembelian pada Mahasiswa
Universitas Galuh Pengguna produk skincare Skintific di platform Shopee akan
meningkat. Diharapkan agar Skintifc terus mengembangkan strategi promosi yang
menarik, khususnya promo gratis yang bernilai bagi konsumen, serta memilih
celebrity endorsment yang memiliki kredibilitas, relevansi, dan kedekatan dengan
segmen pasar sasaran seperti mahasiswa, agar dapat meningkatkan efektivitas
kampanye pemasaran dan mendorong keputusan pembelian.
Kata kunci: Program Promo Gratis, Celebrity Endorsement, Keputusan Pembelian