dc.contributor.author |
Patimah, Neneng |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-20T03:07:26Z |
|
dc.date.available |
2025-09-20T03:07:26Z |
|
dc.date.issued |
2025-09-19 |
|
dc.identifier.other |
2107210085 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8031 |
|
dc.description.abstract |
Neneng Patimah (2107210085) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking
Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 1 Kota
Tasikmalaya (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Indeks Harga di Kelas
XI). Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti S.Pd., M.Pd.
selaku Pembimbing I dan Ibu Yuyun Susanti S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di kelas XI MAN 1 Kota
Tasikmalaya yang masih terdapat nilai dibawah KKTP. Adapun tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan yang
menggunakan model konvensional pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
eksperimen dengan studi quasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik sampling purposive.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Talking Stick pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(posttest) di kelas kontrol. 3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan yang
menggunakan model konvensional pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen
dan kelas kontrol. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Rini Agustin Eka Yanti S.Pd.,M.Pd & Yuyun Susanti S.Pd.,M.Pd |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS GALUH |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Hasil Belajar. |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 KOTA TASIKMALAYA |
en_US |
dc.title.alternative |
(Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Indeks Harga di Kelas XI) |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |