| dc.contributor.author | Hida Faris, Zoel | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-19T05:02:19Z | |
| dc.date.available | 2025-09-19T05:02:19Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-26 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8028 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dalam mengelola lembaga sekolah. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berperan dalam peningkatan mutu Pendidikan untuk mencapai tujuan bersama. Melalui manajerial kepala sekolah dapat peningkatan kinerja guru secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan mendeskripsikan: 1) Implementasi fungsi kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru; 2) Hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah; 3) Solusi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan peneliti terdiri dari kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah di SD Negeri 1 Karangbenda. Teknis analisis data menggunakan model Miles yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dilaksanakan melalui perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), menggerakan sumber daya sekolah (actuating), dan pengawasan (controlling) yang berdampak pada peningkatan kinerja guru; 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai manajer meliputi komunikasi kurang efektif, manajemen waktu, kemampuan atau skill guru dalam penggunaan internet dan teknologi, sarana dan prasarana kurang memadai dan pemahaman tentang supervisi akademik; 3) Solusi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dilakukan melalu sosialisasi dan diskusi, komunikasi terbuka dan mengikuti pelatihan, webinar dan workshop, pemenuhan sarana dan prasarana, mengadakan kolaborasi,, melakukan supervisi serta melakukan mentoring dan coaching. | en_US | 
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. H. Enas, SE., MM. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh, M.Pd | en_US | 
| dc.language.iso | en_US | en_US | 
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US | 
| dc.subject | Fungsi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru | en_US | 
| dc.title | FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU | en_US | 
| dc.type | Other | en_US |