Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah
sebagai manajer dalam mengelola lembaga sekolah. Kepala sekolah merupakan
salah satu komponen pendidikan yang sangat berperan dalam peningkatan mutu
Pendidikan untuk mencapai tujuan bersama. Melalui manajerial kepala sekolah
dapat peningkatan kinerja guru secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisi dan mendeskripsikan: 1) Implementasi fungsi kepemimpinan Kepala
Sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru; 2) Hambatan yang
dihadapi Kepala Sekolah; 3) Solusi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam
mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan peneliti terdiri dari kepala
sekolah, guru dan pengawas sekolah di SD Negeri 1 Karangbenda. Teknis analisis
data menggunakan model Miles yang meliputi reduksi data, penyajian data dan
penarikan simpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Fungsi
kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dilaksanakan melalui perencanaan
(planning), pengorganisasian (organizing), menggerakan sumber daya sekolah
(actuating), dan pengawasan (controlling) yang berdampak pada peningkatan
kinerja guru; 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai manajer meliputi
komunikasi kurang efektif, manajemen waktu, kemampuan atau skill guru dalam
penggunaan internet dan teknologi, sarana dan prasarana kurang memadai dan
pemahaman tentang supervisi akademik; 3) Solusi kepala sekolah dalam mengatasi
hambatan dilakukan melalu sosialisasi dan diskusi, komunikasi terbuka dan
mengikuti pelatihan, webinar dan workshop, pemenuhan sarana dan prasarana,
mengadakan kolaborasi,, melakukan supervisi serta melakukan ment