Unigal Repository

Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam meningkatkan kinerja mengajar Guru

Show simple item record

dc.contributor.author Ramly, Irman
dc.date.accessioned 2025-09-19T04:28:06Z
dc.date.available 2025-09-19T04:28:06Z
dc.date.issued 2025-08-23
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8025
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil penilaian kinerja guru pada SMKN 1 Panumbangan Kabupaten Ciamis, dapat dijelaskan bahwa guru-guru menunjukkan kemampuan yang beragam dalam berbagai aspek penilaian. Guru menunjukkan keahlian yang baik dalam menyusun Modul Ajar dengan capaian sebesar 65%, demikian pula dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pencapaian 70%. Guru juga menunjukkan kemampuan yang memadai dalam menjalin hubungan antar pribadi sebesar 70%. Penilaian hasil pembelajaran menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi, yaitu 75%, menandakan guru memiliki keahlian dalam mengukur dan mengevaluasi hasil pembelajaran siswa. Kemampuan guru dalam pengayaan dan remedial mencapai 65%, sementara dalam melaksanakan pengembangan diri mencapai 65%. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi sejauh Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMKN 1 Panumbangan Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, Pengawas, Komite Sekolah dan Guru. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data / Data display, dan 3) Penarikan kesimpulan / Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor ditinjau dari aspek identifikasi penyimpangan, membandingkan standar dengan kenyataan, penilaian prestasi, analisis penyebab, dan tindakan koreksi telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Namun ada aspek yang perlu ditingkatkan yakni pada sub aspek keterampilan bagi guru dan komunikasi yang lebih efektif dengan stakeholders. 2) Hambatan berupa kurangnya pelatihan teknis bagi guru, keterbatasan dan fasilitas. Kemudian evaluasi kinerja terkendala oleh waktu yang terbatas, keterbatasan sumber daya manusia yang terampil, dan komunikasi yang kurang efektif antara pengawas, kepala sekolah, dan guru. 3) Upaya yang dilakukan dengan menyusun jadwal supervisi terencana, memberikan pelatihan dalam keterampilan supervisi yang efektif, dan mengembangkan kerja sama dengan staf pengawas atau koordinator akademik. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Enas, SE.MM Pembimbing II Dr. Asep Budi tauhid, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor, Kinerja Guru en_US
dc.title Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam meningkatkan kinerja mengajar Guru en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account