Unigal Repository

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Yuningsih Novi, Yesi
dc.date.accessioned 2025-09-18T04:07:29Z
dc.date.available 2025-09-18T04:07:29Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8014
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran yang meliputi perncanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut serta strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dalam meningkatkan karakter peserta didik. Projek ini merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter dan kompetensi pelajar Indonesia agar mampu menghadapi tantangan dunia global melalui pembelajaran berbasis projek yang diusung dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasusu yang dilaksanakan di 2 Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN 1 Sirnajaya dan SDN 2 Sirnajaya. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi terhadap pengawas bina, kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis projek atau P5 ini dilaksanakan melalui 5 Tahapan utama yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. SDN 1 Sirnajaya dalam pelaksanaan projek terfokus pada kegiataan pembiasaan hidup sehat melalui konsumsi makanan sehat dan cinta lingkungan melalui pemanfaatan lahan sekolah untuk menanam tumbuhan konsumsi serta program literasi lingkungan. SDN 2 Sirnajaya projek dikembangkan melalui Gerakan Tabungan sampah serta program GiJi (Pagi Mengaji) serta mengintegrasikan kebersihan lingkungan dengan pembiasaan spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila ini sangat dipengaruhi oleh peran aktif guru sebagai perencana, pelaksana dan evaluator. Selain itu keterlibatan aktif peserta didik serta dukungan dari masyarakat dan orang tua juga sangatlah menentukan. Dalam penelitian ini ditemukan kendala seperti keterbatasan waktu, luasnya area sekolah, serta pemahaman guru yang masih belum maksimal terhadap pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila ini en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. H. Kusnandi, Drs, MM., M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Magister Administrasi Pendidikan, FKIP en_US
dc.subject Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter, Kurikulum Merdeka en_US
dc.title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account