dc.contributor.author |
Yuningsih Novi, Yesi |
|
dc.date.accessioned |
2025-09-18T04:07:29Z |
|
dc.date.available |
2025-09-18T04:07:29Z |
|
dc.date.issued |
2025-07-26 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8014 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran
yang meliputi perncanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut serta strategi
yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran projek penguatan profil
pelajar pancasila dalam meningkatkan karakter peserta didik. Projek ini
merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter dan kompetensi pelajar
Indonesia agar mampu menghadapi tantangan dunia global melalui pembelajaran
berbasis projek yang diusung dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi
kasusu yang dilaksanakan di 2 Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN 1 Sirnajaya dan
SDN 2 Sirnajaya.
Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi
dokumentasi terhadap pengawas bina, kepala sekolah, guru, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis projek atau P5 ini
dilaksanakan melalui 5 Tahapan utama yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi,
refleksi dan tindak lanjut. SDN 1 Sirnajaya dalam pelaksanaan projek terfokus
pada kegiataan pembiasaan hidup sehat melalui konsumsi makanan sehat dan
cinta lingkungan melalui pemanfaatan lahan sekolah untuk menanam tumbuhan
konsumsi serta program literasi lingkungan. SDN 2 Sirnajaya projek
dikembangkan melalui Gerakan Tabungan sampah serta program GiJi (Pagi
Mengaji) serta mengintegrasikan kebersihan lingkungan dengan pembiasaan
spiritual.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembelajaran projek penguatan
profil pelajar pancasila ini sangat dipengaruhi oleh peran aktif guru sebagai
perencana, pelaksana dan evaluator. Selain itu keterlibatan aktif peserta didik
serta dukungan dari masyarakat dan orang tua juga sangatlah menentukan. Dalam
penelitian ini ditemukan kendala seperti keterbatasan waktu, luasnya area
sekolah, serta pemahaman guru yang masih belum maksimal terhadap
pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila ini |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd.
Pembimbing II Dr. H. Kusnandi, Drs, MM., M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Magister Administrasi Pendidikan, FKIP |
en_US |
dc.subject |
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter, Kurikulum Merdeka |
en_US |
dc.title |
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |