| dc.contributor.author | Yuningsih Novi, Yesi | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-18T04:07:29Z | |
| dc.date.available | 2025-09-18T04:07:29Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-26 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/8014 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran yang meliputi perncanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut serta strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dalam meningkatkan karakter peserta didik. Projek ini merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter dan kompetensi pelajar Indonesia agar mampu menghadapi tantangan dunia global melalui pembelajaran berbasis projek yang diusung dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasusu yang dilaksanakan di 2 Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN 1 Sirnajaya dan SDN 2 Sirnajaya. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi terhadap pengawas bina, kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis projek atau P5 ini dilaksanakan melalui 5 Tahapan utama yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. SDN 1 Sirnajaya dalam pelaksanaan projek terfokus pada kegiataan pembiasaan hidup sehat melalui konsumsi makanan sehat dan cinta lingkungan melalui pemanfaatan lahan sekolah untuk menanam tumbuhan konsumsi serta program literasi lingkungan. SDN 2 Sirnajaya projek dikembangkan melalui Gerakan Tabungan sampah serta program GiJi (Pagi Mengaji) serta mengintegrasikan kebersihan lingkungan dengan pembiasaan spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila ini sangat dipengaruhi oleh peran aktif guru sebagai perencana, pelaksana dan evaluator. Selain itu keterlibatan aktif peserta didik serta dukungan dari masyarakat dan orang tua juga sangatlah menentukan. Dalam penelitian ini ditemukan kendala seperti keterbatasan waktu, luasnya area sekolah, serta pemahaman guru yang masih belum maksimal terhadap pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila ini | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M.Pd. Pembimbing II Dr. H. Kusnandi, Drs, MM., M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | Magister Administrasi Pendidikan, FKIP | en_US |
| dc.subject | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter, Kurikulum Merdeka | en_US |
| dc.title | PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK | en_US |
| dc.type | Other | en_US |