Abstract:
Sintia Wulandari, NIM 3402210407. “Pengaruh Experiential marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Wisatawan Ampera Waterpark Ciawi Kabupaten Tasikmalaya)”. Dibawah bimbingan Ibu Elin Herlina, S.Pd., M.M (Pembimbing I) dan Ibu Risna Kartika, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Experiential marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Wisatawan Ampera Waterpark Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana experiential marketing dapat memberikan pengalaman bagi wisatawan Ampera waterpark Ciawi?; 2]. Bagaimana loyalitas pelanggan wisata Ampera waterpark Ciawi?; 3]. Bagaimana pengaruh Experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan pada wisatawan Ampera waterpark Ciawi?; Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1] Experiential marketing dapat memberikan pengalaman bagi wisatawan di Ampera waterpark Ciawi; 2]. Loyalitas pelanggan wisata Ampera waterpark Ciawi.; 3]. Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Wisatawan Ampera waterpark Ciawi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik untuk menganalisis data yg diperoleh digunakan Analisis Korelasi Rank Spearman, Uji Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis (Uji t).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa eksperiential marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada wisatawan Ampera waterpark Ciawi Kabupaten Tasikmalaya karena hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Maka ketika experiential marketing meningkat maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat. Dengan besarnya pengaruh 31,5% dan sisanya 68,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Diharapkan wisata Ampera waterpark Ciawi dapat memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan bagi wisatawan sehingga akan meningkatkan loyalitas pelanggan.