Abstract:
Tesis ini berjudul Manajemen Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Haji dan
Umrah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, Ratna
Meilinda Azizah Ma’rufah, NIM 82342324010. Pelayanan haji dan umrah di
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran belum optimal, diakibatkan
dari kurang disiplinnya pegawai, fasilitas yang belum lengkap dan informasi yang
belum tersampaikan. Teori yang relevan dengan permasalahan ini yaitu teori
manajemen kinerja menurut Dwiyanto dalam Buku Administrasi Publik milik
Harbani Pasolong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian : 1) Manajemen kinerja pegawai
dalam pelayanan haji dan umrah cenderung baik melalui indikator produktivitas,
kualitas layanan, responsivitas, responsibiltas dan akuntabilitas; 2) Hambatan
dalam pelayanan haji dan umrah harus diupayakan dengan solusi meningkatkan
kedisiplinan pegawai, melengkap fasilitas yang kurang serta memberikan informasi
kepada masyarakat secara luas; 3) Upaya dalam pelayanan haji dan umrah harus
terus ditingkatkan dan mencari upaya lain.