| dc.contributor.author | Wahidin | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-17T18:10:25Z | |
| dc.date.available | 2025-09-17T18:10:25Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-26 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7968 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai inovator dalam upaya meningkatkan kinerja sekolah di SD Wilayah 5 Korwil Pendidikan Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Untuk menjalankan fungsi strategis tersebut sekolah dasar memerlukan kepemimpinan yang kuat dan inovatif. Sebagai Inovator kepala sekolah diharapkan memunculkan ide-ide baru untuk kemajuan sekolah. Inovasi yang dilakukan kepala sekolah harus memberikan dampak positif pada peningkatan kinerja sekolah. Tujuan penelitiannya adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai inovator; 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai inovator; 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah sebagai inovator untuk meningkatkan kinerja sekolah di SDN 1 Dadiharja, SDN 2 Dadiharja dan SDN 3 Cisontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah di tiga sekolah menunjukkan peran signifikan sebagai inovator melalui pendekatan manajerial berbasis siklus Plan-Do-Check-Act. Peran ini terbukti mendorong peningkatan kinerja sekolah dalam aspek pembelajaran, pengelolaan sumber daya, budaya kerja, kapasitas guru, dan keterlibatan masyarakat. 2) Terdapat hambatan yang dialami kepala sekolah yaitu hambatan internal yang mencakup beban administrasi dan eksternal yang berkaitan dengan infrastruktur. 3) Terdapat upaya yang dilakukan kepala sekolah dengan mengembangkan berbagai strategi inovatif yang kontekstual dan partisipatif melalui kolaborasi dengan semua pihak sehingga kinerja sekolah dapat ditingkatkan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. H.Yat Rospia Brata, M.Si. Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN, FKIP | en_US |
| dc.subject | Kepemimpinan, Inovasi dan Kinerja. | en_US |
| dc.title | PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH | en_US |
| dc.type | Other | en_US |