Abstract:
Ina Muflihah, 2108210071. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini 
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi dengan penerapan 
metode diskusi dalam pembelajaran di kelas VII SMP Plus Darul Isan Ciamis. Metode 
Diskusi dipilih karena dapat mendorong siswa berpikir kritis, berbagi ide, dan 
memperkaya imajinasi. Melalui diskusi, siswa lebih aktif dalam menyampaikan 
pendapat, memahami struktur narasi, serta terlibat langsung dalam proses 
pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, kemampuan 
menulis mereka dapat berkembang secara lebih efektif. Permasalahan yang 
diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah langkah-langkah 
pelaksanaan pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan metode diskusi di 
kelas VII Smp Plus Darul Ihsan Ciamis ? (2) Bagaimana Peningkatan kemampuan 
menulis teks narasi siswa kelas VII di Smp Plus Darul Ihsan Ciamis ?. Hasil dari 
penelitian ini yaitu : (1) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menulis teks 
narasi dengan menggunakan metode diskusi di kelas VII Smp Plus Darul Ihsan 
Ciamis. (2) Peningkatan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII di Smp Plus 
Darul Ihsan Ciamis. Pada tahap pra siklus, rata-rata nilai siswa berada di angka 69,75. 
Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan II, terjadi peningkatan yang cukup 
mencolok, dengan rata-rata nilai pada siklus II mencapai 83,5. Selisih nilai sebesar 
13,75 poin menunjukkan bahwa peningkatan ini sangat berarti.