Unigal Repository

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU

Show simple item record

dc.contributor.author SA'DIYAH
dc.date.accessioned 2025-09-17T17:29:14Z
dc.date.available 2025-09-17T17:29:14Z
dc.date.issued 2025-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7961
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya melalui peran sebagai supervisor dalam membina kinerja mengajar guru. Kepala sekolah diharapkan mampu menjalankan supervisi secara terencana dan berkesinambungan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kinerja mengajar guru yang optimal diharapkan berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja mengajar guru; 2) Hambatan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja mengajar guru; dan 3) Upaya kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja mengajar guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, peserta didik, dan pengawas sekolah dari SDN 3 Cibadak, SDN 2 Purwasari, dan SDN 3 Sindangasih Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah melaksanakan supervisi dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut, yang berdampak pada peningkatan kinerja mengajar guru dalam dalam menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan penilaian, dan menindaklanjuti hasil pembelajaran; 2) Hambatan dalam pelaksanaan supervisi meliputi kompetensi kepala sekolah, keterbatasan waktu, gaya kepemimpinan, resistensi guru, sarana prasarana penndukung, serta kebijakan pendidikan; dan 3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain melalui pelatihan, berkolaborasi dengan pengawas, membangun komunikasi terbuka dengan guru, mengoptimalkan sumber daya serta pendekatan supervisi yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah dan kebutuhan guru. en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si, Pembimbing II Dr. Lilis Kholisoh, M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN, FKIP en_US
dc.subject Supervisi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru. en_US
dc.title PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account