| dc.contributor.author | Pikiani, Zerli | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-17T16:51:36Z | |
| dc.date.available | 2025-09-17T16:51:36Z | |
| dc.date.issued | 2025-07-26 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7955 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini di latar belakangi bahwa Kinerja Mengaja Guru Penjas di SD Negeri Tayem Timur 05 ketika proses pembelajaran terdapat berbagai masalah yang harus segera diatasi. Diantaranya pada saat melakukan aktivitas pembelajaran ada peserta didik yang kurang memahami materi apa yang disampaikan oleh guru, atau peserta didik kurang tertarik terhadap cara guru menjelaskan materi sehingga tidak muncul motivasi peserta didik dalam mengikuti Pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Implementasi kinerja mengajar Guru Penjas ditinjau dari aspek Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tayem Timur 05. (2) Implementasi kinerja mengajar Guru Penjas ditinjau dari aspek Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tayem Timur 5. (3) Implementasi kinerja mengajar Guru Penjas ditinjau dari aspek Penilaian dan Evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Tayem Timur 05. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan / verifikasi. Adapun informan pelitian ini terdiri dari : Pengawas sekolah, kepala sekolah, guru Pendidikan jasmani (penjas), guru PAI dan guru kelas 6. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Implementasi kinerja mengajar guru penjas ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran, kemampuan guru penjas dalam menyusun RPP / Modul Ajar, dalam menyusun Silabus, menentukan dan membuat media ajar, sudah memenuhi sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum dengan baik. (2) Implementasi kinerja mengajar guru penjas ditinjau dari aspek Pelaksanaan pembelajaran, dari hasil pengamatan kemampuan guru penjas dinyatakan baik dalam melakukan pembukaan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, maupun dalam melakukan penutupan / akhiran pembelajaran. (3) Implementasi kinerja mengajar guru penjas ditinjau dari aspek Penilaian dan Evaluasi. Dalam hal ini penilaian yang dilaksankan guru penjas sudah berjalan dan tertata dengan baik. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. Maman Herman, M,Pd Pembimbing II Dr. Dede Iman Suhendra, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.subject | Implementasi, Kinerja Mengajar Guru, Motivasi, Peserta Didik | en_US |
| dc.title | IMPLEMENTASI KINERJA MENGAJAR GURU PENJAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK | en_US |
| dc.type | Other | en_US |