Abstract:
Tesis ini berjudul Efektifitas Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru (Study Kasus di SMP N 1 Lakbok dan SMP N 2
Lakbok, Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis). Apri Ebtiyani. NIM.
82322324034.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian kinerja guru di SMP N 1 Lakbok
dan SMP N 2 Lakbok menunjukkan kategori “baik” dengan rata-rata nilai 82,
namun belum mencapai kategori “sangat baik” atau optimal (di atas 90)
sebagaimana yang menjadi standar dalam Peraturan Dirjen GTK Nomor
7607/B.B1/HK.03/2023. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kinerja guru
masih diperlukan guna menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin
kompleks, sekaligus mendukung pencapaian tujuan nasional dalam menyongsong
Indonesia Emas 2045. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan
mendeskripsikan: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek
conceptual skill dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan manajerial
Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill dalam meningkatkan kinerja guru.
3 ) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Technical skill
dalam meningkatkan kinerja guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, Pengawas,
Komite Sekolah dan Guru. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan 1)
Reduksi data, 2) Penyajian data / Data display, dan 3) Penarikan kesimpulan /
Verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala
Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill efektif dalam meningkatkan kinerja
guru. Kepala Sekolah dapat mendiagnosa permasalahan sekolah, memecahkan
masalah, merencanakan perilaku, mengkoordinasi kegiatan sekolah, mengevaluasi
kegiatan, mengembangkan kurikulum, dan mampu mengembangkan staf untuk
mencapai tujuan sekolah. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau
dari aspek Human Skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Sekolah
mampu menjalin hubungan kerjasama, membangun memotivasi kerja, menjalin
komunikasi, mengikutsertakan dalam merumuskan pengambilan keputusan,
menyelesaikan konflik di sekolah, memberikan penghargaan kepada yang
berprestasi, menciptakan hubungan yang positif dengan masyarakat, dan
memperhatikan kesejahteraan. 3) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah
ditinjau dari aspek technical skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala
Sekolah mampu menjalankan supervisi, membimbing dalam melaksanakan proses
belajar mengajar, mengkoordinasi penggunaan peralatan pengajaran, membantu
dalam mendiagnosa kesulitan belajar, mengatur dan mengawasi tata tertib,
membimbing guru dalam melaksanakan administrasi sekolah/kelas, dan menyusun
anggaran belanja sekolah.