| dc.contributor.author | Nurhaeti, Dewi | |
| dc.date.accessioned | 2025-09-17T15:56:44Z | |
| dc.date.available | 2025-09-17T15:56:44Z | |
| dc.date.issued | 2025-06-28 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7946 | |
| dc.description.abstract | Penelitian dilatarbelakangi hasil studi kasus Rapor Pendidikan tahun 2024 yang mengalami peningkatan namun nilai capaiannya rendah. Begitupun hasil Penilaian Sumatif Akhir Tahun mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan. Hal ini menunjukan adanya progres tetapi belum sesuai ekspektasi yang diharapkan. Program guru penggerak di Korwil Mangunjaya masih diragukan keberhasilannya berdasarkan kegiatan Kombel, pembelajaran, dan menuai kontroversi dikalangan akademisi. Kemendikbud meluncurkan merdeka belajar episode kelima: guru penggerak dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) efektivitas implementasi program guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 2) hambatan yang dihadapi guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) upaya yang dilakukan guru penggerak untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci yaitu guru penggerak, informan tambahan yaitu kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) efektivitas implementasi program guru penggerak berdasarkan kriteria pencapaian tujuan efektif menunjukkan program dilaksanakan dan mencapai tujuan yang ditetapkan; 2) hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan program datang dari diri guru penggerak maupun dari luar sehingga menjadi pemicu semangat agar lebih berkualitas dan bermanfaat bagi pendidikan; 3) upaya untuk mengatasi hambatan dilakukan melalui kolaborasi dengan kepala sekolah sebagai pimpinan, dengan guru sebagai rekan kerja, ataupun orang tua peserta didik dan masyarakat. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing I Dr. H. Awang Kustiawan, MM. Pembimbing II Dr. Asep Saepul Hidayat, M.Pd. | en_US |
| dc.language.iso | en_US | en_US |
| dc.publisher | MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN, FKIP | en_US |
| dc.subject | Efektivitas Program, Guru Penggerak, Kualitas Pembelajaran | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN | en_US |
| dc.type | Other | en_US |