Unigal Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PANGANDARAN

Show simple item record

dc.contributor.author Restu, Nugraha
dc.date.accessioned 2025-09-17T15:32:16Z
dc.date.available 2025-09-17T15:32:16Z
dc.date.issued 2025-07-25
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/7941
dc.description.abstract RESTU NUGRAHA, NIM. 82342324011. Tesis ini berjudul: "Pengaruh Implementasi E-government Dan Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepercayaan Publik Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran". Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran memiliki peran krusial dalam pengelolaan informasi dan sumber daya literasi serta kearsipan daerah. Permasalahan yang teridentifikasi menunjukkan urgensi untuk melakukan penelitian lebih mendalam mengenai pengaruh implementasi E-government dan kualitas layanan terhadap tingkat kepercayaan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran. Permasalahan mendasar terletak pada belum optimalnya pemanfaatan sistem layanan berbasis digital oleh masyarakat, yang mengindikasikan bahwa implementasi E-government belum sepenuhnya menjawab kebutuhan publik dalam hal kemudahan, kecepatan, dan kejelasan informasi. Selain itu, ditemukan juga adanya keterbatasan akses teknologi dan kurangnya sosialisasi mengenai E-government yang menyebabkan masyarakat masih memilih datang langsung ke kantor dan merasa kesulitan dalam mengakses layanan secara daring. Masalah kualitas layanan juga teridentifikasi dari keluhan terkait kecepatan respons dan kualitas informasi yang tersedia. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah teknik survei. Metode deskriptif analisis digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis fenomena atau kondisi yang terjadi. Teknik analisis data terdiri dari analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t, regresi linier ganda, analisis koefisien korelasi ganda, dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi E-government pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata kumulatif sebesar 434,25. Kualitas layanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran termasuk dalam kategori sangat baik, dengan ratarata keseluruhan sebesar 434,90. Begitu pula tingkat kepercayaan publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 436,9. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut: 1). Implementasi E-government di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran telah berjalan dengan baik. 2). Kualitas layanan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran berada pada tingkat yang baik. 3). Tingkat kepercayaan publik terhadap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran tergolong tinggi. 4). Implementasi E-government dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepercayaan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran. en_US
dc.subject E-government, Kualitas Layanan, Tingkat Kepercayaan Publik. en_US
dc.title PENGARUH IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PANGANDARAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account